Berikut adalah 10 Jembatan Paling Mahal Yang Pernah Di Buat seperti yang dilansir therichest.
1. San Francisco - Oakland Bay Bridge (rentang timur)
San Francisco - Oakland
Bay Bridge secara lokal dikenal sebagai Bay Bridge. Ini adalah sebuah
kompleks jembatan yang mencakup Teluk San Francisco di California.
Sebagai bagian dari Interstate 80 dan jalan langsung antara San
Francisco dan Oakland, jembatan ini dilewati sekitar 240.000 kendaraan
per hari pada dua deck-nya. Jembatan ini juga diketahui memiliki salah
satu bentang terpanjang di Amerika Serikat.
Ketika terjadi gempa
Loma Prieta pada 1989, bagian timur dek atas runtuh ke dek bawah dan
kemudian jembatan ditutup selama sebulan. Bagian baru dari rentang timur
dibuka untuk lalu lintas pada akhir 2013, dan diperkirakan akan selesai
pada tahun 2016 dengan biaya pembangunan mencapai lebih dari USD 6,4
miliar atau sekitar Rp 75,5 T. Menurut Guinness World Records, San
Francisco - Oakland Bay Bridge saat ini adalah jembatan terluas di
dunia.
2. Great Belt Fixed Link
Great Belt Fixed Link
adalah salah satu jembatan paling indah di dunia. Pulau - pulau di
Zealand dan Funen di Denmark dipisahkan oleh jembatan megah ini. Sampai
pembukaannya pada tahun 1997, satu-satunya cara untuk menyeberangi Great
Belt adalah dengan menumpang kapal feri. Konstruksi jembatan ini
menelan dana hingga USD 4,4 miliar atau sekitar Rp 52,2 T.? Butuh lebih
dari 10 tahun untuk merampungkan jembatan ini.
Dulu untuk menyebrang
dengan kapal feri dibutuhkan waktu hingga 1 jam, kini masyarakat Denmark
dapat mencapai setiap pulau hanya dengan menempuh waktu 10 menit dengan
mobil. Great Belt Fixed Link adalah jembatan terpanjang di luar Asia
dengan rentang mencapai 6,75 km, dan konstruksi jembatan ini adalah
salah satu proyek terpenting dalam sejarah Denmark.
3. Verrazano - Narrows Bridge
New York City memiliki
lebih dari satu jembatan mahal dan The Verrazano - Narrows Bridge adalah
salah satu di antaranya. Nama jembatan ini diambil dari Giovanni da
Verrazzano, orang Eropa pertama yang masuk New York Harbor dan Sungai
Hudson pada tahun 1524. Jembatan ini pertama kali dibuka untuk umum pada
tahun 1964.
Jembatan ini
menghubungkan Staten Island dan Brooklyn, dan merupakan jembatan
terpanjang di Amerika dengan panjang mencapai 2,6 km. Pada saat selesai
dibangun, jembatan ini sempat menjadi jembatan gantung terpanjang di
dunia. Butuh waktu lima tahun tujuh bulan untuk menyelesaikannya, dengan
biaya sebesar USD 2,4 miliar atau sekitar Rp 28,5 T.
4. Yeongjong Grand Bridge
Yeongjong Grand Bridge
di Korea Selatan adalah jembatan termahal di Asia. Usia jembatan ini
memang relatif muda. Dia baru dibuka untuk umum pada tahun 2000, setelah
melalui masa konstruksi lima tahun dengan biaya mencapai USD 1,9 miliar
atau sekitar Rp 22,5 T. Seperti
namanya, jembatan itu dibangun untuk menghubungkan pulau Yeongjong ke
daratan Korea Selatan. Jembatan indah ini memiliki panjang 4,42 km.
Yeongjong Grand Bridge juga merupakan bagian dari Incheon International
Airport Expressway.
5. Tsing Ma Bridge
Jembatan yang dibangun
untuk melintasi Ma Wan Channel ini akhirnya selesai pada tahun 1997, dan
secara resmi dibuka oleh mantan Perdana Menteri Inggris Margaret
Thatcher. Jembatan ini menghubungkan pulau-pulau perkotaan Tsing Yi dan
Ma Wan di kota Hong Kong. Jembatan ini dibangun dengan biaya yang cukup
fantastis, yakni Hong Kong Dollar 7,2 miliar atau sekitar Rp 11 T.
Ketika rampung, jembatan
ini pernah menjadi jembatan terpanjang kedua di dunia dengan rentang
mencakup 1,37 km. Karena memiliki dua deck yang dilalui untuk jalan raya
maupun lalu lintas rel, jembatan ini menjadi jembatan gantung terbesar
dari jenis ini. Jembatan ini memiliki rentang utama 1.377 meter dan
tinggi 206 meter.
6. San Francisco Oakland Bay Bridge
San Francisco - Oakland
Bay Bridge menghubungkan San Francisco dan Oakland. Ide untuk mendirikan
sebuah jembatan yang menyeberangi Teluk San Francisco telah diusung
sejak akhir abad ke-19, namun jembatan itu baru diselesaikan pada tahun
1936. Pembangunannya
membutuhkan waktu 3 tahun 7 bulan dan jembatan ini pun berhasil
membentang sejauh 8,25 km yang dikenal sebagai salah satu jembatan
bentang terpanjang di dunia. Pembangunan jembatan ini telah menelan
biaya sebesar USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 15,4 T.
7. George Washington Bridge
George Washington Bridge
menjadi solusi untuk mengurangi masalah transportasi dari salah satu
pusat perkotaan paling padat di dunia, New York City. Jembatan yang
membentang di atas Sungai Hudson ini awalnya diberi nama jembatan Sungai
Hudson. Jembatan
ini menghubungkan Manhattan dan New Jersey, dan merupakan salah satu
jembatan yang paling sering dilalui di New York City. Butuh 4 tahun
untuk membangun jembatan ini, dan biaya yang harus digelontorkan
untuknya mencapai sekitar USD 1,1 miliar atau sekitar Rp 13,1 T.
8. Cooper River Bridge
Cooper River Bridge juga
dikenal sebagai jembatan Arthur Ravenel Jr. Nama seorang politisi dari
partai republik. Ini adalah jembatan gantung yang dibangun untuk
menghubungkan Charleston dan Mount Pleasant. Dibangun di atas sungai
Cooper di South Carolina, jembatan ini telah dirancang dan dibangun oleh
Parsons Brinckerhoff, sebuah perusahaan rekayasa multinasional yang
berbasis di New York City.
Arthur Ravenel Jr adalah
orang yang berjasa atas pembangunan jembatan ini karena dia berhasil
melobi dewan Senat dalam usaha mencarikan dana untuk jembatan ini. Pada
tahun 2005, setelah menghabiskan USD 836,9 atau sekitar Rp 9,9 T,
jembatan ini dibuka untuk umum.
9. Tacoma Narrows Bridge
Tacoma Narrows Bridge
memiliki peran yang sangat penting untuk komuter di wilayah Tacoma.
Jembatan ini awalnya dibangun pada tahun 1950. Dia adalah pengganti dari
jembatan asli yang dibangun satu dekade sebelumnya yang telah runtuh. Pekerja
konstruksi yang membangun jembatan ini menjulukinya Galloping Gertie
berdasarkan cara jembatan ini bergerak ketika terhempas angin. Jembatan
ini dirancang untuk menangani 60.000 kendaraan per hari, dan dibangun
dengan biaya sekitar USD 827,7 juta atau sekitar Rp 9,8 T.
10. Chesapeake Bay Bridge
Maryland membangun
Chesapeake Bay Bridge untuk menghubungkan wilayah pantai timur dengan
wilayah pantai barat Maryland. Kedua daerah ini dipisahkan oleh Teluk
Chesapeake. Ketika
dibuka pada tahun 1952, jembatan ini dikenal sebagai struktur baja
terpanjang di dunia. Perluasan pembangunan kemudian dilakukan pada tahun
1973, dengan biaya mencapai USD 778,3 juta atau sekitar Rp 9,2 T.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar